LACTACYD LIQUID BABY, BUKAN SEKEDAR MEMINIMALISIR ALERGI

lactacyd photo

Aku dan suami punya riwayat alergi, jadi ketiga anak kami juga punya alergi masing-masing. Anak yang ketiga alerginya paling berat. Usia 5 bulan Faza pernah dirawat di RS karena alergi susu sapi dan tongkol yang seringkali aku konsumsi. Padahal saat itu Faza masih menyusu eksklusif. Nah, bayangkan beratnya alergi Faza. Terakhir ke DSA, Faza menunjukkan tanda gelap di bawah mata alias Faza berkantung mata. Faza yang masih berusia 17 bulan saat itu berkantung mata walau tidak terlalu kentara kalau dilihat sekilas.

Bukan hanya di pencernaan, manifestasi alerginya juga ke kulit. Kulit Faza seringkali kering dan ketika digaruk menimbulkan garis putih, terkesan bersisik. Aku sudah sejak lama menjaga makanannya, bahkan makananku sendiri juga. Karena Faza masih sering menyusu. Susu hipoalergenik juga tidak membantu banyak. Permukaan kulit Faza kala disentuh seperti berbintik kecil dan terasa kasar. Jika ditambah dengan cuaca panas, kulit Faza mulai memerah. Seperti itu dari badan hingga ke paha. Iba melihat Faza tidak nyaman tidur dan bermain. Aku mengganti sabunnya dengan beberapa merk yang katanya sudah teruji secara klinis. Tapi barangkali kulit Faza terbilang amat sangat sensitif, walau dikatakan semua kulit bayi itu sensitif.

DSA menyarankan kami ke sub spesialis alergi. Dari skin prick test Faza punya banyak alergi, aku dan suami harus lebih telaten. Kami juga tidak yakin dengan air tanah yang selama ini kami gunakan untuk mandi. Walau hanya Faza yang terlihat bereaksi berlebihan. Kami mendapat info mengenai produk dari teman di medsos. Awalnya tidak berharap banyak, karena kami sudah gonta ganti produk kosmetik baby yang banyak direkomendasikan para orangtua yang berpengalaman. Ternyata LACTACYD LIQUID BABY berbeda, bukan sekedar kosmetik bayi biasa. Kandungan asam laktat menyeimbangkan PH kulit sensitif bayi. Lactoserum membuat kulit bayi yang sangat sensitif sekalipun menjadi lembut. Aromanya yang lembut membuat terapi kebahagiian tersendiri ketika melihat alergi Faza mulai diminimalisir. Bermain, makan, bahkan tidurnya jauh lebih nyenyak dan nyaman.

Seringkali alergi Faza diperparah dengan diapers rash. Kami tidak lagi bingung gonta ganti merk diapers yang awalnya kami sinyalir sebagai penyebab iritasi. Alergi kulitnya sudah berkurang dan diaper rash-nya justru nyaris pulih. LACTACYD LIQUID BABY sudah diformulasikan sedemikian baik dengan cara pemakaian hanya 2-3 sendok penuh dan diteteskan ke wadah mandi bayi.

Beberapa tips untuk merawat kulit sensitif diambil dari berbagai sumber:

  1. Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan.
  2. Hindari bergonta-ganti produk perawatan kulit untuk sekedar mencoba-coba
  3. Hindari hal-hal pemicu alergi atau suspect sekalipun, terutama bagi yang orangtuanya memiliki riwayat alergi.
  4. Gunakan kosmetik bayi yang benar-benar dibutuhkan, hindari yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.
  5. Mengonsumsi madu lokal yang dipasteurisasi dapat mengurangi alergi karena menurut peneitian madu bisa memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi.
  6. Ikuti aturan kulit versi sederhana, yaitu: jika basah, keringkan. Jika kering basahi. Jika berwarna hitam dan terlihat mati, buang (jangan melakukannya sendiri, mintalah bantuan dokter).
  7. Gunakan pakaian yang berbahan lembut dan perhatikan cara mencuci, takaran deterjen dan pewangi yang berebihan justru berefek buruk pada kulit.
  8. Pastikan anda membersihkan lipatan selangkangan, di bawah dagu, dan di balik kulup penis anak yang seringkali menjadi tempat pertumbuhan bakteri.
  9. Untuk perawatan dan pengobatan gunakan produk yang direkomendasikan DSA Anda.
  10. Redakan sebagian nyeri akibat ruam terbuka menggunakan kompres dengan kain yang sudah direndam dengan air hangat yang telah ditetesi LACTACYD LIQUID BABY. Jika mandi, usahakan airnya hangat, bukan panas, karena panas dapat memicu pelebaran pembuluh darah dan membuat gatal semakin parah . Lap untuk menyeka dan handuk mungkin terlalu berat sehingga mencegah kelembaban menguap.

 

Demikian 10 tips yang mungkin bisa membantu mengurangi masalah kuit pada bayi. Kulit bagian yang sangat penting, ia membangun ikatan. Sentuhan mempunyai peran penting dalam membangun kasih sayang. Sentuhan kasih sayang menurunkan kadar hormon stres kortisol dan meningkatkan hormon oksitosin. Bahkan ketika kita tidak lagi menyusui, usahakan tetap mendekap dan mengelus anak. Tugas besar ini melibatkan kulit. Jadi, benar sekali kulit memiliki peran yang sangat penting dalam pengasuhan anak.

Leave a comment